Jumat, 03 Maret 2017

Proses Rekrutmen dan Seleksi dalam Perusahaan




RANGKUMAN
Proses Rekrutmen dan Seleksi dalam Perusahaan
Tugas ini ditujukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia yang diampu oleh Ibu Dr. Selfi Budi Helpiastuti, S.sos,. M.



Oleh
Amalia Rizqi Qudus
NIM  150910201029



PRODI ILMU ADMINISTRASI NEGARA
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK
UNIVERSITAS JEMBER
2017


PROSES REKRUTMEN DALAM PERUSAHAAN
            Rekrutmen adalah serangkaian aktivitas mencari dan memikat pelamar kerja dengan motivasi, kemampuan, keahlian, dan pengetahuan yang diperlukan guna menutupi kekurangan yang diidentifikasi dalam perencanaan kepegawaian. Henry Simamora (1997:212)
Melakukan program rekrutmen dan seleksi merupakan hal yang rutin dalam sebuah perusahaan. Hal ini muncul terutama pada perusahaan besar dimana terjadi berbagai proses yang memicu program rekrutmen dan seleksi seperti pengunduran diri, pensiun, promosi atau demosi, meninggal dunia hingga sampai terjadinya pertumbuhan perusahaan sehingga membutuhkan banyak pegawai dalam perusahaan tersebut.
            Proses rekrutmen dan seleksi bertujuan memberikan kontribusi terhadap proses berjalannya sebuah perusahaan, karena proses ini dapat dikatakan merupakan proses perencanaan dalam pengembangan kepegawaian di dalam sebuah perushaan. Pegawai juga berperan penting dalam peningkatan efektifitas, efesien dan produktif sebuah perusahaan sehingga dalam proses rekrutmen dan seleksi ini perusahan harus memilih pegawai yang dapat menguntungkan perusahaan dan mempunyai kualitas dan juga keahlian sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.
            Dalam proses rekrutmen dan seleksi terdapat teknik-teknik perencanaan sumber daya manusia yaitu:
a.       Teknik non ilmiah
Teknik non ilmiah merupakan teknik perencanaan yang hanya didasarkan pada pengalaman, imajinasi dan perkiraan saja. Teknik ini tidak melihat seberapa besar kemampuan calon pegawai yang mengikuti proses rekrutmen dan seleksi tetapi hanya melihat berdasarkan pengalaman dari calon pegawai saja. Teknik ini biasanya digunakan oleh perusahan-perusahan kecil.
b.      Teknik ilmiah
Teknik ilmiah merupakan teknik perencanaan sumber daya manusia yang dilakukan berdasarkan hasil analisis data , informasi, dan peramalan dan perencanaan yang baik. Teknik ini melihat calon pegawai harus memiliki spesifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan dengan peramalan kebutuhan perusahaan dimasa depan sehingga diharakan saat calon pegawai dengan spesifikasi yang dibutuhkan perusahaan diterima diperusahaan maka dapat memberikan efek perkembangan pada perusahaan.
Proses staffing dan pengembangan juga turut memberikan kontribusi di dalam proses perencanaan sumber daya manusia dalam perusahaan, proses tersebut dapat dibagi menjadi beberapa yaitu:
1.      Rekrutmen
Proses rekrutmen ini ialah proses dimana perusahaan membuka lowongan pekerjaan dan memberi informasi bahwasannya perusahaan tersebut membuka lowongan melalui media massa dalam bentuk cetak maupun elektronik. Selain itu proses rekrutmen juga melakukan beberpa hal sebagai berikut:
a.       Menyediakan sekumpulan calon tenaga kerja/karyawan yang memenuhi syarat
b.      Meminta konsistensi kepada calon pegawai apabila diterima agar konsisten dengan strategi, wawasan dan nilai perusahaan
c.       Melakukan koordinasikan sebagai upaya perekrutan dengan program seleksi dan pelatihan
d.      Memberi kesempatan kerja pada masyarakat yang membutuhkan pekerjaan
2.      Seleksi
Proses seleksi ini ialah proses dimana calon pegawai melakukan beberapa ujian yang diberikan oleh panitia penyelenggara untuk mengukur kemampuan dari calon pegawai.
3.      Penempatan
Proses penempatan ini ialah proses dimana calon pegawai yang diterima ditempatkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau sesuai dengan kemampuan dari calon pegawai yang diterima.
4.      Promosi
Proses promosi ini ialah proses dimana perusahaan memberikan reward pada pegawai karena pegawai tersebut mampu bekerja dengan baik, pemberian reward ini dapat berubah kenaikan gaji ataupun kenaikan jabatan.
5.      Transfer
Proses ini ialah proses dimana pegawai dipindah tugaskan untuk merefresh pola pikir pegawai, dengan dipindahkan tersebut diharapkan pegawai tidak menjadi bosan dalam pekerjaannya.


Referensi:
Sinurat, Sahala P. 2002. Langkah Tepat Melakukan Rekrutmen dan Seleksi. Jakarta; Esensi Erlangga Grup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar